Begini Pesan Kadinkes Blora Menghadapi Hawa Panas Ekstrim

 BLORA- Hawa yang terasa panas beberapa hari ini, merupakan Fenomena suhu panas ekstrim terasa di sejumlah daerah di Indonesia dalam sepekan terakhir. Tidak hanya di Indonesia, kondisi ini juga dialami beberapa negara di Asia seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Myanmar, India, Bangladesh.


Menghadapi cuaca ekstrim ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Edy Widayat mengimbau masyarakat agar cermat dalam menyiapkan kondisi tubuh agar tetap fit di cuaca ekstrim.



Begini pesan nya melalui whatswap (WA),Rabu,(26/04/2023),pada media pertapakendeng

Diantaranya ialah dengan memperbanyak meminum air putih minimal 2 liter per hari, makan makanan yg bergizi dan tinggi kandungan air itu juga perlu diterapkan.


Apalagi jika mempunyai kegiatan atau beraktivitas tinggi di luar ruangan, maka minumlah air untuk menggantikan keringat yang hilang.


“Ini penting dilakukan selain menyehatkan, juga menghindari terjadinya dehidrasi,” 


Kemudian tips yang lain bisa dilakukan, lanjut Edy, yaitu menggunakan pakaian yang longgar dan berbahan ringan. Tips selanjutnya yaitu sebisa mungkin menghindari aktifitas di luar ruangan di siang hari.


“Dan jika sedang beraktifitas di luar ruangan, bisa mengenakan topi atau memakai payung. Mengingat cuaca panas yang terik, sebisa mungkin untuk menghindari paparan langsung v matahari,” katanya.


Lebih lanjut, dirinya menyampaikan tips kelima yaitu pentingnya menjaga stamina dengan mengkonsumsi vitamin dan berolahraga.



“Insyaallah kelima tips ini jika dilakukan bisa membuat kita tetap dalam kondisi yang fit meski dalam cuaca panas ekstrim yang diakibatkan gelombang panas,” ujarnya.


Selain itu, imbuhnya, tingkat paparan sinar ultraviolet (UV) yang tinggi dapat berpengaruh pada kesehatan kulit dan mata perlu dilindungi.Pungkasnya

Reporter Bambang

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html