Yayasan Gema Akhlaqul Karimah Gelar Buka Puasa Dan Santunan Anak Yatim Di Musholla Al-Mujahidin


KENDAL- Yayasan Gema Akhlaqul Karimah menggelar buka puasa dan santunan anak yatim di Mushola Al Mujahidin Dukuh Gempol Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu, Jum at (24/03/2023).


Dalam data yang terregistrasi oleh panitia Yayasan, total berjumlah 37 anak yatim-piatu se desa Mororejo.  Diantaranya, dari dukuh Gempol terdapat 15 anak, sedangkan dari dukuh Ngebum terdata 22 anak.

Acara yang berlangsung mulai pukul 17.00 WIB dengan tema 'Mari Perbanyak Berbagi Di Bulan Yang Suci' ini, bertujuan untuk memberikan empati dan kepedulian terhadap para yatim piyatu. Selain itu, giat ini dilaksanakan sebagai refleksi dari pada makna ibadah puasa itu sendiri.


Puasa adalah salah satu ibadah umat Islam yang dilakukan dengan cara menahan makan minum selama sehari dalam sebulan. Makna yang tersirat dalam berpuasa, betapa berat dan sakit ketika menahan lapar dan dahaga. Itulah kepedihan dan keprihatinan yang disandang oleh mereka yang kurang beruntung, terlebih anak-anak yatim yang notabene sudah tidak lagi mendapatkan kasih sayang orang tua.

Mungkin kita merasa berat melaksanakan ibadah puasa itu, namun bisa dibayangkan orang miskin dan para yatim, mereka menahan sakitnya rasa lapar sepanjang masa. Inilah saatnya kita peduli dan berbagi.

Dari giat tersebut diharapkan mampu mengetuk hati para aghniya' yang berkelebihan untuk berjiwa sosial dan mempunyai rasa peduli kepada mereka yang butuh perhatian dan kasih sayang. Melihat anak-anak yatim tersenyum dengan sedikit sentuhan kasih sayang, air mata pun reflek membasahi pipi sang wartawan. Dalam hati berkata, bagaimanakah bila aku di posisi mereka? Hampir saja mulut ini berteriak histeris meratapi nasib mereka.

Acara diawali dengan Ifthar jama'i yang dipimpin oleh Ustad Muhamamad Subkhan sebagai ta'mir Musholla Al-Mujahidin. Pada kesempatan tersebut Ustadz Subkhan berharap agar masyarakat dapat mengambil pelajaran dari keberadaan anak yatim.

"Di bulan Ramadhan ini kita berharap semoga masyarakat Gempol tambah maju dan diberi keberkahan dengan adanya anak yatim, kita dapat termotivasi dan belajar dari keberadaan anak yatim-piatu ini, tak lupa kita mengucapkan terima kasih kepada yayasan Gema Akhlaqul Karimah atas terselenggaranya santunan ini, semoga berkah", ucap Ustadz Subkhan.

Penyerahan santunan berupa takjil dan sembako oleh Ahmad Fahrurohman, sebagai penanggung jawab Devisi sosial yayasan Gema Akhlaqul Karimah. 

"Kita berharap dengan santunan ini bisa bermanfaat untuk anak-anak, dan kedepannya kita punya program untuk anak-anak yang sudah lulus SMA, kita evaluasi untuk kuliah dan magang di Yayasan Gema Akhlaqul Karimah, kita sesuaikan minat dan bakat anak-anak dari yayasan", harap  Ahmad Fahrurohman.

(Isti)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html