Sosialisasi Assesmen Madrasah Dan Istigotsah Kelas VI MIN Kudus Tahun 2022/2023

 KUDUS - Pertapakendeng.com., Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kudus menggelar Sosialisasi Madrasah dan Istigotsah bersama. Sosialisasi ujian madrasah ditujukan kepada seluruh Siswa dan Wali murid kelas VI. Kamis, 16 Maret 2023.




Kepala MIN Kudus H. Noor Yadi, S.Pd.I., M.Pd. I., mengatakan kegiatan Sosialisasi Asesmen dan Istigotsah Madrasah dalam rangka mempersiapkan peserta didik kelas VI menghadapi ujian.


“Saya selaku kepala MIN Kudus mengapresiasi atas pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi Asesmen Madrasah", katanya.


Lebih lanjut Noor Yadi menambahkan, bahwa Asesmen Madrasah ini sangat penting dalam rangka memberikan evaluasi terhadap proses pembelajaran. 


"Apakah yg sudah kita lakukan di madrasah sudah sesuai atau tidak seperti yang kita hendaki", imbuhnya.


Menurutnya kegiatan Asesmen Pembelajaran, Madrasah meliputi dua yaitu Pertama, Asesmen Formatif yaitu asesmen/penilaian yang dilakukan untuk melihat perkembangan dan kemajuan keberhasilan proses pembelajaran, dan yang kedua, Asesmen Sumatif yaitu asesmen/penilaian hasil belajar untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik.


"Dua Assesmen ini sangat penting untuk melihat bagaimana progres siswa dan hasilnya", tegas Noor Yadi.


Asesmen Madrasah (AM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. 


AM diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Oleh karena itu perlu disiapkan dengan sebaik-baiknya, supaya betul menggambarkan apa yang sudah kita lakukan.


Tujuan AM untuk mengetahui capaian kompetensi peserta sesuai standar kompetensi lulusan pada akhir jenjang pendidikan. Sedangkan fungsi AM ada 3 yakni,

1. Mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

2. Umpan balik untuk perbaikan pembakaran pada madrasah

3. Sebagai salah satu syarat kelulusan.


"Saya berharap dalam persiapan pelaksanaan Asesmen Madrasah mutlak diperlukan yang mana bukan hanya siswa yang menjadi objek, namun juga guru dilibatkan dalam pelaksanaan asesmen Madrasah, evaluasi hasil belajar setiap individu murid menjadi kewenangan pendidik", ujarnya.


Disamping itu juga perlu saya sampaikan Asesmen di MIN Kudus berbasis komputer di Lab milik sendiri, bukan berbasis android seperti sekolah atau madrasah yang lain. Segala biaya terkait ujian dibiayai dari Bos tidak menarik dari wali murid.


Adapun hal-hal yang menjadi program prioritas dan capaian kerja serta Prestasi Tahun 2022/2023 dapat terlaksana dan menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.


"Mari kita bersama-sama dalam melaksanakan tugas demi mewujudkan madrasah mandiri berprestasi dan bagi para siswa kelas VI untuk menjaga kesehatan fisik, dan memiliki manajemen belajar yang baik sehingga rangkaian ujian berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil nilai terbaik", pungkasnya.


Kemudian acara dilanjut dengan Istigotsah bersama KH. Muhamad Ulil Albab Arwani. Acara berjalan dengan khidmad, khusu', dan sukses.

Semoga dengan diadakannya Sosialisasi Asesmen Madrasah dan Istigotsah dapat membantu kelancaran kegiatan ujian yang sebentar lagi akan dilangsungkan.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html