Riyanta SH Anggota DPR RI Memberi Suport Terhadap Produk Pertanian Baru Yang Hasilnya Bisa Membuat Petani Lega dan Gembira

GROBOGAN- Banyak upaya ditempuh oleh petani Grobogan ketika pupuk subsidi mulai dikurangi jumlahnya, demi tidak mengalami gagal panen. 

Untuk mengatasi kondisi tanah yang sudah banyak terkontaminasi polutan, petani harus teliti serta jeli memilih produk sarana pertanian termasuk pupuk tambahan. 


Hal itulah yang mendorong CV Lobo Kris Unikka mencoba memberikan terobosan baru di bidang pertanian. 

Dengan banyak belajar dari beberapa sumber serta ketekunan dan keuletan Kristiani, S.H. selaku Direktur CV Lobo Kris Unikka mencoba membuat pupuk alami yang memanfaatkan limbah sawah serta limbah pekarangan dan rumah tangga yang ada di sekitarnya. 

Di desa Telawah Kecamatan Karangrayung Kristiani mengajak beberapa warga sekitar dan saudaranya untuk menekuni produk fermentasi penyubur tanah tersebut. 

Dengan metode fermentasi menggunakan Starter Bio Nic bakteri penyubur tanah terus bekerja sehingga tanah menjadi subur, dan hasilnya ternyata cukup menggembirakan. 

Bahkan ada petani yang sekarang ketika menanam padi tidak menggunakan pupuk kimia dan cukup menggunakan Starter Bio Nic saja. 

Mulailah temuan tersebut dicobanya di beberapa demplot dengan tanaman baik padi, palawija dan sayuran ternyata hasilnya luar biasa. 

Semua tanaman tumbuh subur dan menghasilkan panen yang menguntungkan petani. 

Produk Starter Bio Nic mulanya mulai dilirik oleh petani lokal, akan tetapi oleh karena hasilnya yang menggembirakan dari mulut ke mulut petani luar desa mulai mencobanya. Alhasil hasilnya juga sama. 

Petani puas dan bisa panen dengan meraih keuntungan. 

Untuk mensikapi kepercayaan petani terhadap produk Starter Bio Nic diadakan pertemuan secara berkala dirumah Kristiani agar para petani bisa sharing dan bertanya terhadap produk tersebut. 

Bahkan beberapa petani langsung memberikan kesaksian setelah memakai produk Starter Bio Nic hasil karya CV Lobo Kris Unikka. 

Dan pada pertemuan hari Jum'at 17 Maret 2023 Anggota DPR RI Komisi II Riyanta SH menyempatkan diri untuk menghadiri pertemuan serta mendengar dan melihat kesakitan dari para petani terhadap hasil yang menggembirakan dari produk Stater Bio Nic. 

Riyanta yang juga ketua umum Gerakan Jalan Luruh ( GJL) yang didampingi ketua DPD GJL Kabupaten Grobogan Imam Suranto merasa bersyukur dan gembira ada karya anak bangsa yang bisa membantu petani bisa Jaya dan sejahtera. 

Dalam pemaparannya Kristiani banyak memandu agar para petani yang sudah berhasil memakai produknya memberikan kesaksian kepada petani yang lain. 

Sehingga suasana semakin gembira dengan melihat langsung dari petani yang sudah berhasil memakai produk Stater Bio Nic. 

Kristiani juga akan memenuhi apa yang menjadi ketentuan dari pemerintah agar produk nya bisa dirasakan oleh petani secara luas. 

Riyanta akan mendukung penuh dari produk tersebut bahkan akan membantu bila mana ada kesulitan dalam proses ijin merk dan pasar. 

" Silahkan dikembangkan dan saya gembira ada inovasi serta terobosan baru di dunia pertanian. " Jelas Riyanta. 

Hal seperti ini yang perlu kita dampingi dan kita suport. GJL lahir untuk mencerdaskan negeri dan membantu UMKM termasuk usaha pertanian yang memang perlu diperhatikan secara khusus. Terang Riyanta. 

Hadir juga beberapa pengurus GJL Grobogan lainnya bahkan Wakil Rektor 2 IPB Muhamadiyah Grobogan Drs. Aris Supriyadi M. Pd dan rombongan juga hadir dalam kegiatan sosialisasi membuat kompos dengan cara fermentasi oleh CV Lobo Kris Unikka. 

Dalam kesempatan Aris selalu Wakil Rektor 2 IPB Muhamadiyah Grobogan menyambut baik inovasi serta temuan dan terobosan baru di dunia pertanian. 

Pihaknya akan menjadikan program untuk mahasiswanya menjadi sebuah study bersama. 

Dan Aris Supriyadi yang pernah membawa SMAN1 Toroh Grobogan menjadi sekolah Adiwiyata Nasional pertama di Grobogan senang bisa bertemu dengan anggota DPR RI serta pengurus GJL yang sudah familier terhadapnya. 

Hadir juga beberapa mahasiswa yang tergabung dalam PKBM mengikuti dengan kegiatan tersebut. 

Meskipun peserta cukup ramai dan penuh rata - rata yang hadir merasa puas dengan produk tersebut. 

Termasuk Wakil Kepala Sekolah SMPN2 Karangrayung yang sudah menjadikan bagian dari kurikulum anak didiknya. 

GJL siap menjadi mentor hingga produk tersebut bisa dirasakan secara luas oleh petani yang ada di Grobogan. 

GJL akan mengkomunikasikan dengan dinas terkait baik pertanian dan perdagangan bahkan sampai Dirjen Pertanian dan Perdagangan.

(Im@m)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html