Rangkaian Kegiatan di Masjid Menara Kudus, Tahun 2023 Mulai Dari Ngaji Kitab Sampai Tadarus Al-Qur'an

 KUDUS - Pertapakendeng.com., Masjid Al-Aqsha atau Masjid Menara Kudus menggelar sejumlah kegiatan selama bulan Ramadhan 1443 H atau 2023 M.


Kegiatan tersebut sedianya hampir sama jika dibanding dengan kegiatan Ramadhan tahun sebelumnya.


Ketua pelaksana kegiatan Pitulasan Ahmad Arinal Haq mengatakan, ada beberapa rangkaian kegiatan selama bulan Ramadhan 1444 H/2023 M.


Misalnya untuk tarawih digelar sejak malam pertama. Jumlah rakaatnya 20 rakaat ditambah witir 3 rakaat dengan membaca satu juz Al-Qur'an.


"Kedua (tarawih) itu pelaksanaan di Pendopo Tajug (di sebelah selatan masjid) tujuannya untuk mengakomodir panitia pengajian pitulasan, tetap 23 rakaat tapi pakai ayat pendek", katanya.


Para jama'ah laki-laki shalat diarea masjid dengan membaca satu juz Al-Qur'an. Ada juga yang memilih Shalat disebelah selatan (pendopo tajug), sedangkan untuk para jema'ah putri berada disebelah Utara masjid menara Kudus.


"Untuk shalat terawih didalam masjid dengan bacaan satu juz Al-Qur'an, untuk yang surat-surat pendek disebelah selatan masjid", tambah Arinal Haq.


Kemudian untuk ngaji kitab kuning dimulai pada 3 Ramadhan. Pertama yakni ngaji kitab tafsir Al-Qur'an setiap ba'das Shubuh diasuh oleh KH. Yusrul Hana Sya'roni bertempat di masjid.


Sedangkan, untuk ngaji kitab Durrotun Nasihin yang akan diasuh oleh KH. Muhammad Fathan dimulai pukul 16.00 WIB sampai menjelang maghrib.


Untuk yang terakhir ngaji kitab bertempat di Pendopo Tajug. Disambung setelah sholat tarawih setiap pukul 21.00 WIB akan digelar tadarusan umum.


"Rangkain kegiatan dimasjid Al-Aqsho atau khataman ngaji kitab itu tanggal 27 Ramadhan", tegasnya.


Selain itu, lanjut dia ada kegiatan pengajian pitulasan yang akan digelar di Gedung Menara.


"Pembukaan pengajian pitulasan dibuka pada malam tiga Ramadan dan akan berakhir malam 27 Ramadhan, untuk pembukaan pitulsan di isi oleh KH. Yusrul Hana Sya'roni, dan untuk malam ke 2 di isi oleh Gus Islahul Umam", ungkapnya.


Dari serangkaian kegiatan dalam bulan Ramadhan, yang selalu digelar oleh Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) tersebut, memang selalu ramai dihadiri oleh ratusan masyarakat.


"Dalam tiap kegiatan yang dilaksanakan akan disiarkan secara langsung melalui chanel youtube Official Menara Kudus", pungkasnya.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html