Kisah Pilu Seorang Ibu Melahirkan Bayi di Kapal, Dalam Perjalanan Karimunjawa-Semarang

 JEPARA- Kisah sedih seorang ibu yang terpaksa melahirkan bayinya di Kapal dalam perjalanannya dari Karimunjawa menuju Semarang, Minggu, 26/02/23.

Hal ini dialami oleh Fitri, warga Kuwasen RT 12/04, Kecamatan Jepara, yang berdomisili di desa Jatikerep Karimunjawa. Peristiwa tersebut terjadi ketika ibu muda usia 23 yang baru melahirkan anak pertamanya ini, tiga hari sebelum melahirkan, dia dirawat di Puskesmas Karimunjawa namun belum lahir juga bayinya.

Oleh Dokter setempat, Fitri dirujuk ke RSUD Kartini Jepara, dengan alasan peralatan medis Puskesmas yang tidak memadai. Dengan didampingi dua orang Bidan, yakni Bidan Sus dan Bidan Nur, sore itu (Minggu, 26/02/23), sekira pukul 17.00 WIB, Fitri berangkat dari pelabuhan Karimunjawa dengan menumpang Kapal Pelni menuju Semarang. Sedangkan penyeberangan kapal dari dan ke Jepara belum bisa ditempuh karena cuaca buruk.


Di tengah perjalanan, Fitri melahirkan di kapal pada Minggu 26/02/23, sekira pukul 19.30 dini hari. Sesampai di Pelabuhan Semarang pukul 01.00 wib langsung dijemput ambulance atas atensi Gerakan Jalan Lurus (GJL) dan diantar sampai ke Jepara pada hari Senin 27/02/23, sekira pukul 03.30 wib. 


Robani, S.H., Divisi Hukum GJL Semarang kemudian berkoordinasi dengan salah seorang Wakil Rakyat Fraksi PDI-P yang duduk di komisi B DPR-D Jateng Dapil 3, yang kemudian disampaikan pada Supriyadi Calon DPR-D Fraksi PDI-P Dapil 1 Jepara.

"Saya berterima kasih kepada Pak Andang dan Pak Supriyadi yang sudah peduli pada saya, sehingga saya bisa pulang ke Karimunjawa, tadi siang Pak Supriyadi datang memberi bantuan saya buat beli tiket untuk 4 orang dan uang makan dalam perjalanan, Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu", tutur Fitri kepada pertapakendeng.com via sambungan telepon WhatsApp (02/03/23). 

Sementara itu, Andang Wahyu Triyanto, S.E., M.M. Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah periode 2019-2024, telah menyiapkan armada dari Jepara menuju Semarang untuk kepulangan Fitri.

"Untuk pembelian tiket kapal menuju Karimun sudah kita upayakan mas, lalu, besok pagi yang rencana Fitri mau pulang, kita siapkan kendaraan dari Jepara ke Semarang", kata andang.

"Ke depan, kami dari legislatif akan sampaikan usulan ke banggar agar ditingkatkan perlengkapan peralatan medis di Puskesmas Karimunjawa, selain itu, mengingat bahwa kapal penyebrangan dari dan ke Karimunjawa itu hanya ada dua kali dalam sepekan, maka kita usulkan agar nanti ada kapal siaga untuk emergensi bagi warga Karimunjawa, saat ini bila warga membutuhkan kapal, harus sewa sebesar 6,5 JT, kasihan kan?", Ujar Andang lebih lanjut.

Sebagai Anggota legislatif Provinsi Jateng, Andang memberikan apresiasi kepada Gerakan Jalan Lurus yang telah membantu pasien tersebut dari keberangkatan sampai ke Jepara.

Sebagai informasi, Fitri dan bayinya Saat ini masih di RTK Bulu Jepara, persiapan berangkat pulang ke Karimunjawa besok pagi (03/03/23). Semoga masih ada yang terketuk hatinya untuk membantu. Sementara bekal yang dia punya sekarang hanya cukup untuk beli tiket.

(Sumadi)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html