Kesbangpol Blora Sosialisasi Ormas Dan Lsm Tingkatkan Partisipasi Pemilih Serentak Pemilu Tahun 2024

BLORA- ,Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Blora menyelenggarakan sosialisasi pembinaan dan pengawasan Organisasi Masyarakat (Ormas) / Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM),Selasa, (14/03/2023).

Badan Kesbang Pol Kabupaten Blora melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pemberdayaan dan Pengawasan dengan tema Peran Ormas Dalam meningkatkan Partisipasi Pemilih Dalam Pemilu Serentak Tahun 2024.

mengusung tema Optimalisasi Pendataan dan Pengawasan Kegiatan Ormas dalam rangka meningkatkan Partisipasi Pemilih dalam pemilu serentak Tahun 2024, dilaksanakan di ruang pertemuan Iwak Kali,Desa Tempuran,  Kecamatan Blora,Blora.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Blora Agus Puji Mulyono, S.Sos., M.Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Ormas dan LSM memegang peran yang sangat penting dalam mengawal serta mengawasi jalannya Pemilu.

Dikatakan Agus Puji Mulyono, Ormas dan LSM juga diharapkan dapat ikut terlibat secara aktif sebagai penyelenggara Pemilu, baik di Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) maupun sebagai pengawas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Dan dapat membantu dengan menginformasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat, yang mungkin masih awam atau belum tersentuh teknologi seperti sekarang ini," jelasnya.

Atau, bisa membantu meluruskan berita yang tidak benar atau hoaks yang beredar di masyarakat.

Pihaknya berharap organisasi kemasyarakatan dan lembaga swadaya masyarakat di Kabupaten Blora mampu berpartisipasi dan berperan serta menangkal berita hoaks.

"Apalagi tahun depan tahun politik, sehingga kerukunan dan kesatuan bangsa tetap terjaga, meskipun beda pilihan," ungkapnya.

Selanjutnya, berharap warga Blora bisa memiliki jiwa partisipasi yang aktif, sehingga dapat membantu mengembangkan Blora sebagai Kabupaten terbaik dalam pelaksanaan demokrasi di Pemilu dan Pilkada mendatang.

Berikutnya, memberikan masukan dan saran konstruktif kepada Pemerintah Kabupaten Blora dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Kepala Badan Kesbang Pol Kabupaten Blora juga mengimbau agar Ormas/LSM mencatatkan di Badan Kesbang Pol Kabupaten Blora,serta turut serta dalam pengawasan Pemilu serentak 2024.

Adapun narasumber yang dihadirkan pada acara itu adalah Haerudin,SH,MH dari Badan Kesbangpol Provinsi Jateng.

Kemudian, Kasat Intel Polres Blora AKP Suparlan SH dan dari KPU Blora Heny Rina Minarti,SH.

Sebanyak 65 orang peserta perwakilan Ormas/LSM mengikuti sosialisasi dengan antusias dan merespon paparan yang disampaikan narasumber.

Disela sela acara juga diadakan sesi tanya jawab serta pertanyaan oleh Kepala Kesbangpol Jawa Tengah,dimana para Ormas dan LSM sekabupaten Blora,setuju Pemilu ditunda atau dilanjutkan,kemudian banyak jawaban yang untuk Pemilu dilanjutkan,acara berjalan dengan sukses dan lancar.

(Bambang)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html