Kasat Lantas Polresta Pati Beri Himbauan Kepada Pengguna Jalan Macet Juwana-Batangan

PATI- Terkait macetnya jalan Pati-Batangan Kasat Lantas Polresta Pati Kompol Asfauri angkat bicara saat dikonfirmasi awak media.(01/03/23)



Lewat keterangan tertulis Kasat Lantas menginformasikan bahwa kemacetan arus lalu lintas yang saat ini terjadi, disebabkan :

1. Adanya proyek pembangunan jembatan Juwana.

2. Adanya pekerjaan perbaikan jalan Batangan, berupa ganti beton, dimana satu lajur dibongkar untuk dilakukan pekerjaan secara bergantian dan simultan, sehingga arus lalu lintas satu arah masih bisa melintas di beton, sedangkan dari arah yang berlawanan terpaksa harus melintas di bahu jalan.

3. Dalam waktu beberapa hari terakhir ini curah hujan sangat tinggi, sehingga memperparah kondisi jalan Juwana - Batangan yang kondisinya sudah rusak, termasuk bahu jalan yang menjadi lintasan kendaraan juga menjadi ambles, sehingga menimbulkan perlambatan arus lalu lintas.

Kasat Lantas menjelaskan, "Upaya yang sudah dilakukan Satlantas Polresta Pati, menempatkan anggota satlantas selama 24 jam, secara bergantian/ terjadwal untuk melakukan pengaturan lalu lintas", tandasnya.

Lanjutnya lagi, "kami juga melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan kecil/ mobil pribadi utuk lewat jalur alternatif: Sampang - Glonggong - Jakenan - Jaken - Pantura Rembang".

"Ketika di jalur Alternatif pertigaan Glonggong kec. Jakenan terjadi banjir, maka jalur alternatif yang dipergunakan melalui : JLS Ngantru - Gabus - Winong - Pucakwangi - Jakenan - Jaken - Pantura Rembang", imbuhnya. 

Pihak Satlantas sosialisasikan secara masif melalui media sosial, termasuk RRI Semarang agar kendaraan dari luar kota Semarang-Surabaya atau sebaliknya Surabaya-Semarang agar menghindari lewat Pantura Pati, tetapi disarankan utk lewat jalur Tengah / Solo-Ngawi.

Polresta Pati juga sudah Koordinasi dengan Pelaksana pekerjaan jalan dan jembatan serta kementerian PUPR melalui PPKnya, agar disamping mempercepat pekerjaan jalan dan Jembatan, juga supaya melakukan perawatan rutin jalan dan bahu jalan yang rusak, saat menjadi lintasan kendaraan.

Lewat media ini Polresta Pati juga menghimbau kepada para pengguna jalan untuk lebih bersabar, karena perlambatan arus akibat perbaikan jalan dan jembatan tidak bisa dihindari.

"tetap patuhi aturan lalu lintas, ketika terjadi antrian jangan sekali-kali ngeblong dengan mengambil lajur kanan, karena bisa memperparah kemacetan, Tetap berhati-hati dan utamakan keselamatan di jalan", pesannya.

/Tim.

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html