HIPAKAD Gelar Seminar Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Dan Wawasan Kebangsaan Di Gedung Penjawi Setda Pati

PATI- Kapten Inf Suyani Danramil 01/ Pati berikan materi Wawasan Kebangsaan dalam kegiatan Seminar Menanamkan Nila Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan kepada generasi muda guna mendukung keberhasilan  dan suksesnya pemilu 24, Senin, 20/03/23.


Wawasan kebangsaan yang dapat diartikan sebagai cara pandang Bangsa Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara yang dilandasi dengan kesadaran sistem nasional yang bersumber dari Pancasila dan UUD 1945 juga NKRI.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh HIPAKAD kab Pati bekerjasama dengan Kodim 0718 Pati dan Badan Kesbangpol Pati, dengan Nara sumber dari Kesbangpol , kodim, dan diikuti hampir 100 peserta dari perwakilan ormas kKBT lainnya.

Kegiatan seminar HIPAKAD ini diikuti antara lain oleh perwakilan dari 21 Koramil di Pati, FKPPI, PPM, KBP Polri serta anggota hipakad itu sendiri.

Seminar yang bertajuk " Menanamkan Nilai Nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan kepada generasi muda 

Pemaparan materi dari ke tiga narasumber secara jelas dan gamblang disampaikan oleh masing masing pemateri.

Adapun tujuan dari seminar wawasan kebangsaan dapat dirangkum  sebagai berikut


Seminar wawasan yang bertujuan antara lain

1. Mewujudkan bangsa yang rukun, kuat , rukun, bersatu juga sejahtera

2. Menjaga sejarah kebangsaan Indonesia dan Cinta NKRI

3. Mencegah penonjolan premodialisme sempit, kesukuan dan disentregrasi bangsa


Hubungan dan kerjasama serta persaudaraan antar sesama generasi muda yang tergabung dari berbagai ormas dan masyarakat menjadi tujuan yang utama dalam seminar ini.

Generasi muda diharapkan bisa lebih menjaga keutuhan  juga kerukunan bangsa dan berpartisipasi dalam pemilu 24 mendatang.


Karakter yang kuat serta kepribadian yang matang dari generasi muda akan dapat mewujudkan kondisi negara yang aman juga kondusif.


Seperti yang disampaikan narasumber dari kantor Kesbangpol Pati

"Sebagai warga negara khususnya generasi muda wajib berpikir, bersikap dan bertindak secara utuh menyeluruh dalam lingkup kepentingan bangsa dan negara yang berdasarkan  Pancasila, Undang Undang Dasar 45 juga Bhineka Tunggal Ika, demi terwujudnya cita cita dan tujuan bangsa ini.

Kegiatan ini diharapkan bisa berdampak positif dan baik bagi generasi muda dan menjadi motivasi positip agar generasi muda  bisa saling belajar dan tidak mudah terpecah belah yang dapat merugikan diri sendiri, lingkungan masyarakat juga bangsa dan negara,"papar Sugiyono

(Wina)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html