SMPN 1 Tayu Menjadi SMP Rujukan dan Terfavorit di Belahan Pati Utara

PATI-, Salah satu investasi yang sangat berharga adalah pendidikan, sekolah dengan mutu pendidikannya tinggi akan menjadi rebutan setiap tahunnya. Menurut informasi, di Pati belahan Utara SMP N 1 Tayu menjadi sekolah favorit dan merupakan SMP rujukan ke dua setelah SMP N 3 Pati, dan setiap tahun harus menolak pendaftar hingga 40% dari pendaftar yang masuk. Awak media ini merasa terpanggil untuk menguliknya.(28/02/23).


Kesan pertama setelah masuk di lingkungan SMP N 1 Tayu adalah sejuk dan rindang. Rupanya pengelola sekolah paham betul tentang lingkungan. Sebuah studi mengungkap bahwa lingkungan sekolah yang hijau atau asri ternyata mampu meningkatkan kemampuan otak muridnya sebagaimana dikutip oleh artikel brilio.net.

Ditulis bahwa Kajian ini melibatkan 2.600 siswa sekolah dasar di Barcelona, Spanyol dengan rentang umur 7-10 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan sekolah terhadap kemampuan mengingat dari setiap siswa.

Temuan dari riset tersebut mengungkapkan bahwa lingkungan sekolah yang rindang atau hijau ternyata mampu meningkatkan proses ingatan siswa hingga 5%. Selain itu, para siswa juga lebih memperhatikan saat proses belajar berlangsung. Dalam penelitiannya, para peneliti menggunakan data satelit untuk menilai kondisi sekolah dan juga rumah mereka.

Lingkungan yang hijau mampu meningkatkan kemampuan otak siswa khususnya dalam hal ingatan karena faktor polusi yang rendah. Selain itu, sekolah dengan kondisi tersebut terhindar dari kebisingan. Alhasil, otak mereka lebih bekerja secara maksimal.

Awak media setelah lapor di satpam jaga dipersilahkan ke ruang Kepala Sekolah. Tanpa melewati syarat yang bertele-tele, Kepala Sekolah langsung menyambut dan mempersilahkan para awak media untuk ngobrol di ruang tamu sekolah. Adalah Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd sang kepala sekolah yang kelihatan supel dan low profil. 


Setelah memperkenalkan diri awak media secara eklusif mulai mewawancarai kepala sekolah.

"Saya bertugas di sini sudah tiga tahun mas, dan lingkungan memang sejak dulu sudah rindang, kami hanya menambah dan menjaga supaya tambah rindang dan teduh guna menunjang kegiatan belajar mengajar", jawabnya saat disinggung tentang lingkungan sekolah.


Saat ditanya prestasi yang didapat, Sri Wahyuni menjelaskan,"Alhamdulillah sejak saya bertugas disini sudah mendapat prestasi 187 dari berbagai kejuaraan, baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional bahkan dua kali tingkat Internasional yakni kejuaraan karate di India dan Kazakhstan, lemari piala hingga harus membuat lagi karena tidak muat", jelasnya.


Lanjutnya lagi,"mengalir saja yang penting bekerja profesional dan maksimal insyaAllah mendapat hasil yang terbaik mas, saya ikut seleksi sebagai kepala sekolah Program Sekolah Penggerak tingkat Nasional Angkatan 3 tahun 2022 , Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila".

Lanjutnya lagi,"dari 42 ribu lebih peserta diambil hanya 12 ribuan orang dan saya Alhamdulilah masuk sebagai kepala sekolah penggerak bersama kepsek SMP N 1 Gunungungkal dan kepsek SMP N 7 Pati", ungkapnya.

Saat ditanya jumlah siswa baru Kepsek menjawab, "Setiap tahun ajaran baru pendaftar mencapai lebih dari 400 siswa, PPDB tahun kemarin 430 pendaftar, karena kuota kami 300 siswa ya terpaksa kita tolak biar sekolah yang lain juga mendapat siswa", pungkasnya.

/Mury.

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html