Ponpes Darul Qur'an Desa Talun Gelar Tasyakuran Haflah Akhirussanah

PATI- Pendidikan pesantren bertujuan dalam rangka membina kepribadian Islami, yakni kepribadian yang beriman dan bertaqwa kepada Alloh SWT. Berakhlak mulia, bermanfaat dan berkhidmat kepada umat (khadim al-ummah). Pesantren telah lama menjadi Lembaga yang memiliki kontribusi penting dalam ikut serta mencerdaskan bangsa dan bermartabat. 


Pondok Pesantren Tahfidz Darul Qur'an menggelar acara Haflah Akhirussanah Tahtimul Qur'an bagi santriwan - santriwati di halaman Pesantren  Desa Talun Kecamatan Kayen Kabupaten Pati, Jum'at (24/2/23).


Kyai Achmad Sya'roni Al Hafidz selaku pengasuh Pon-Pes Tahfidz Darul Qur'an, mempunyai Santri sebanyak 210 putra putri anak didik. Beliau mengajarkan pendidikan Tahfidzil Qur’an (hafalan Al Qur’an) yang sudah berlangsung dari Tahun 2004.

"Dengan adanya pendidikan Tahfidz Al Qur’an saya selaku pengasuh pondok pesantren mengharapkan Do'a dan pangestu kepada seluruh masyarakat agar kami sekeluarga istikomah dalam mengajarkan ilmu kepada santriwan- santriwati yang kami asuh", tutur Kyai Achmad Sya'roni Al Hafidz. 

Dalam menjalankan peran mengajarkan Al Qur’an kepada peserta didik, dan meneruskan tradisi Rasulullah SAW mengajarkan dan menyiapkan generasi muda penghafal Al Qur’an dan Hadistnya.

Kepada para wisudawan dan wisudawati beliau juga berpesan kepada para santri  agar terus memperdalam ilmu tahfiz Qur’an dan menjadi teladan bagi masyarakat. Tetap istiqamah membersamai Qur’an, sebab sejatinya yang berat adalah mempertahankan hafalan Qur’an, imbuhnya.

Pada malam Akhirussanah di hadiri para Kyai dan Habib untuk mengisi Mauidhloh Hasanah (Ceramah Agama) dan Sholawat,  KH. Abuya Thlifur Purworejo, 

"Begitu juga dengan Hadist. Karena Hadist disebut juga Sunnah, seperti perkataan, perbuatan serta ketetapan dan persetujuan Rasullullah SAW yang dijadikan salah satu landasan sebagai syariat Islam dan sumber hukum Islam kedua setelah Al Qur’an,” dalam nasihatnya. 

Dalam rangka Tasyakuran Pon-Pes Darul Qur'an mengadakan kegiatan   Khotmil Qur’an bil Ghaib 

Khotmil Qur’an bin Nadhri

Khotmil Qur’an bil Juz 'Amma

Wisuda TPQ Darul Qur'an 

Khoul KH. Muslih ke -18

Khoul H. Ali Ahmadi ke - 8.

Acara tersebut dihadiri para  Kyai, Wali Santri dan Tokoh tokoh masyarakat sekitar. 

Dengan suksesnya acara pada malam puncak, yang telah terselenggara tidak ada suatu hal apapun yang menghambat acara tersebut.

(Achsin) 

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html