Lha Dalah!! Calon Jemaah Haji Blora Kaget, Kenaikan Biaya Haji Capai 49 Juta Rupiah

BLORA- pertapakendeng.com– Calon jemaah haji di Kabupaten Blora kaget biaya haji telah resmi dinaikkan. Mereka menilai biaya sebesar Rp 49 juta cukup memberatkan.


Akibat kenaikan itu, mereka pun bingung mencari biaya tambahan guna pelunasan. Lebih lagi, keberangkatan mereka sempat tertunda akibat Covid-19. Padahal, persiapan mereka untuk berangkat haji sudah hampir 100 persen.


Salah satu calon jamaah haji Nurul Laila mengatakan dirinya, dihadapkan dengan mencari biaya tambahan guna pelunasan untuk dua orang. Ia pun pasrah dan berharap ada penurunan biaya haji tahun ini.


’’Saya sempat kaget, awalnya berfikiran tidak naik sebanyak itu. Tapi akhirnya karena ini haji panggilan dari Allah, saat ini, saya hanya bisa berdoa bismillaah dimampukan dan dicukupkan. Tetapi Kalau secara umum ya kalau bisa biaya diturunkan lagi,’’ ungkap Nurul Laila, Senin (20/2/2023).


Untuk mencukupi biaya kekurangan, dirinya rela apabila harus menjual barang-barang yang dimilikinya saat ini.


’’Saya terus terang kalau terkait biaya tambahan tidak sebanyak itu, dan kemarin saya nabung sedikit- sedikit. Tapi ini nanti apa yang saya punya mungkin bisa saya jual,’’ ujarnya.


Keresahan juga sama dialami calon jamaah haji lain, Zainal Muttakin. Ia menilai kenaikan biaya tahun ini cukup mengagetkan. Iapun harus mencari cara untuk segera melakukan pelunasan biaya tambahan.


’’Memang ini suatu hal yang mungkin mengejutkan terkait adanya kenaikan biaya haji. Namun kita juga bisa bersikap bijaksana, karena perhitungan-perhitungan dari pemerintah dengan kondisi saat ini memang harus naik,’’ Kata Zainal.


Untuk saat ini persiapan keberangkatan calon jamaah haji di wilayaah Kabupaten Blora sudah hampir seratus persen. Kebanyakan calon jamaah haji tahun ini merupakan calon haji tunda dua sampai tiga tahun lalu.

(LISWANTO)

 

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html