Hujan Disertai Angin Kencang di Kudus, Sebabkan Pohon Tumbang Timpa Mobil, Motor Dan Toko Bangunan

KUDUS - Pertapakendeng.com., Curah hujan sejak sepekan terakhir disertai angin kencang diwilayah Kabupaten Kudusmembuat pohon dijalan Lingkar Utara turut Desa Peganjaran tumbang. Pohon yang tumbang tersebut menimpa mobil Toyota Yaris, motor roda 3 dan sebuah toko bangunan. Senin, 27 Februari 2023.



Mobil Toyota Yaris berwarna hijau tersebut milik diketahui milik Joko. Dia dan keluarga semuanya selamat, termasuk bayi yang baru berumur 10 bulan.

"Kondisi mobil saat ini telah dievakuasi sekira pukul 11.00 WIB, karena kejadian naas tersebut sekira pukul 10.00 WIB", kata Joko 

Lebih lanjut Joko menambahkan dirinya sedang menunggu lampu pengatur lalu lintas menyala hijau, namun tiba-tiba dahan pohon yang cukup besar di sebelah kanan patah dan jatuh menimpa mobilnya hingga ringsek di bagian depan, sekaligus atap mobil pecah.

"Mau mundur ga' bisa, maju berbahaya karena membahayakan penumpang belakang, tidak ada korban jiwa, namun mengalami shock akibat kejadian ini", imbuhnya.


Sementara itu, Aris pengelola toko bangunan di Desa Peganjaran mengatakan sebelum tokonya tertimpa pohon terjadi hujan deras disertai angin kencang. Kemudian pohon besar tumbang bersama dua pohon lainnya.

Selain menimpa toko bangunan, pohon tumbang tersebut juga ada yang menimpa mobil bak terbuka yang mengangkut pasir untuk dikirim ke pelanggan serta motor roda tiga yang parkir di sebelah toko.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus telah mengevakuasi tiga pohon tumbang di Desa Peganjaran, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, yang menimpa mobil, sepeda motor roda tiga, dan toko bangunan.

Selain itu, juga mengevakuasi dahan pohon yang cukup besar di perempatan Peganjaran yang menimpa mobil Toyota Yaris yang sedang menunggu lampu pengatur lalu lintas menyala hijau.

“Tiga pohon tumbang yang menimpa mobil, sepeda motor roda tiga, dan toko bangunan sudah dievakuasi", kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus Mundir di Kudus.

Pada saat ini para petugas yang dibekali alat pemotong pohon masih melakukan penyisiran guna memastikan ada tidaknya pohon tumbang yang belum dilaporkan.

"Sementara jumlah pohon tumbang di Kudus akibat cuaca ekstrem masih dilakukan pendataan", ungkapnya.

Mundir juga mengingatkan warga Kudus dan sekitarnya, agar waspada, terutama yang tempat tinggalnya terdapat pohon tinggi ketika hujan yang terjadi disertai angin kencang.

“Untuk sementara tidak ada korban jiwa, semuanya selamat meskipun tertimpa dahan pohon yang cukup besar", tegasnya.

Sementara itu, kondisi di lapangan akibat peristiwa tersebut, arus lalu lintas macet karena dahan yang tumbang melintang di tengah jalan. Termasuk saat proses evakuasi pohon tumbang.

Ditambah lagi harus menunggu tim dari PLN memperbaiki kabel jaringannya yang kendur sehingga kendaraan tidak berani melintas.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html