Grand Opening Silaturrahim Kebangsaan Dan Kirab Merah Putih Teguhkan Semangat Kebangsaan


KUDUS - Pertapakendeng.com., Serangkaian kegiatan Silaturahmi Kebangsaan dan Kirab Merah Putih "Dengan Maulid Wujudkan Kebhinekaan Untuk Memperkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa" Rangkaian acara ini akan digelar pada 11-15 Juni 2022, sebagai upaya mewujudkan ukhuwah wathaniyah serta meneguhkan semangat kebangsaan.

Untuk tanggal 11-13 Juni 2022 acara Bazar dan Pagelaran Seni dengan tema "Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit" Kegiatan ini bertempat di Lapangan Singocandi Desa Singocandi, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Sabtu, 11 Juni 2022.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Asisten I Agus Budi Satrio (Mewakili Bupati Kudus), Kades Singocandi, Hendra Apriliyanto, Camat Kota Andrian, Kapolsek Kota, Koramil, Tokoh lintas Agama Kabupaten Kudus yang tergabung dalam KUB.

Sholeh Syakur dalam sambutan mewakili ketua panitia pelaksana mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini dengan baik dan sukses Amin.

Kedua kalinya acara ini digelar sebagai bentuk mempertemukan keragaman yang ada di Indonesia. Sebab, keragaman bangsa, budaya, agama dan ideologi yang berkembang di masyarakat adalah fitrah sosial yang tidak bisa ditolak.

“Keragaman ini bukan sebagai alasan untuk berseberang atau bahkan berseteru tapi justru menjadi dasar adanya ajang silaturahim antarelemen yang ada,” katanya, 

Lebih lanjut Syakur menambahkan “kegiatan ini juga sebagai sarana mensosialisasikan komitmen nilai-nilai kebangsaan, keilmuan, keagamaan, serta sebagai upaya memperkuat ukhuwah wathaniyah atau persaudaraan kebangsaan untuk mewujudkan "Baldatun Thoyyibatun Warabbun Ghofur,” tambahnya.

Pada siang kali ini akan dibuka dengan bazar dan pentas seni yang dimulai pada Sabtu-Senin (11-13/6/2022). Selanjutnya, pasa Selasa (14/6/2022), akan dilanjutkan dengan Muqodimah Alquran dan santunan anak yatim, kemudian, pada Rabu (15/6/2022), akan dilaksanakan Kirab Merah Putih dan ziarah Ketaman Makam Pahlawan (TMP), Apel Kebangsaan di Alun-alun Simpang tujuh Kudus, seta Silaturrahim Kebangsaan di Makodim 0722 Kudus," ungkapnya.

Pada malam harinya akan dilanjutkan dengan malam pucak acara Rotibul Kubro dan Maulid Kebangsaan Bersama Habib Luthfi Bin Yahya. Kami mohon do'a Restu semoga rangkaian acara ini dapat berjalan dengan lancar," pungkasnya.

Dalam sambutan Bupati Kudus yang diwakili oleh Asisten I Kudus Agus Budi Satrio mengatakan "Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Kudus amat mengapresiasi dan bangga kepada panitia penyelenggara kegiatan Silaturahmi Kebangsaan dan Kirab Merah Putih "Dengan Maulid Wujudkan Kebhinekaan Untuk Memperkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa" dalam rangkaian acara  kegiatan ini sebagai upaya mewujudkan ukhuwah wathaniyah serta meneguhkan semangat kebangsaan.

Karena ini adalah merupakan sebuah kegiatan yang sesuai dengan karakteristik warga Kudus yang Pluralis. Dalam kegiatan inilah kita jadikan momentum untuk mempertemukan keragaman yang ada di Kabupaten Kudus. Sebab keragaman bangsa, budaya, agama dan ideologi yang berkembang di masyarakat adalah fitrah sosial.

Dalam puncak acara Pembukaan Bazar dan Pagelaran Seni tampak Agus Budi Satrio Menabuh Gong pertanda acara resmi dibuka. Dengan mengucapkan "Bismillahirrohmanir Rohim' Acara pembukaan Bazar dan Pagelaran Seni secara resmi dibuka," ungkapnya.

Sementara itu ditempat terpisah Ulum Suharto selaku ketua Bazar dan Pagelaran Seni mengungkapkan "Bahwa kegiatan ini di ikuti oleh peserta Bazar sebanyak 64 stand. Setiap setand berukuran 2 X 4m.

Ulum Suharto juga mengatakan kalau para peserta Bazar dikenai biaya administrasi Rp 150.000,- jika ambil 2 stand berarti Rp. 300.000,-. Adapun peserta Bazar ini tidak hanya masyarakat Desa Singocandi saja, akan tetapi masyarakat Se-kabupaten Kudus. Ada dari Loram, Sunggingan, Jati dll.

Dia juga menambahkan kalau sebenarnya kegiatan ini sudah kita agendakan sebelum lebaran Idul Fitri 1443 H/2022 M, karena satu dan lain hal maka acara ini kita laksanakan pada hari ini Sabtu-Rabo Tanggal 11-15 Juni 2022," tambahnya.

Dalam rangkaian kegiatan ini juga kita laksanakan Vaksinasi 1,2 dan 3. Untuk Tim Medis dari UPTD Puskesmas Rendeng, koordinator Shinta, dan dr. Magdalena Sunaryo. Semoga saja pandemi ini segera berlalu dan ekonomi mulai bangkit," ungkapnya.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html