Tutup Usia, Adik Gusdur, Hj. Lily Chodijah Dimakamkan Di Kompleks Ponpes Tebuireng Jombang


JOMBANG JATIM  - Pertapakendeng.com., Kabar duka atas meninggalnya Nyai Hj. Lily Chodijah Wahid, yang akrab disapa Lily Wahid, tiba di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang pada Selasa, 10 Mei 2022.



Pantaun dilokasi, rombongan mobil pengantar jenazah almarhumah Lily Wahid atau adik kandung Presiden ke-4 RI KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu tiba di Ponpes Tebuireng Jombang, sekira pukul 15.40 WIB. Nampak sejumlah keluarga dan kerabat turut serta mendampingi dalam rombongan.



Mobil ambulance langsung masuk kedepan dalem kasepuhan, kemudian sebelum dishalatkan dimasjid induk pesantren Tebuireng, jenazah terlebih dahulu di Sholatkan di dalem kasepuhan oleh pihak keluarga Tebuireng. Sholat jenazah kedua dilaksanakan di dalem Masjid Tebuireng dengan imam sholat jenazah pengasuh Ponpes Tebuireng KH. Abdul Hakim Mahfudz yang akrab disapa Gus Kikin.



“Jenazah akan terlebih dahulu disemayamkan di Dalem Kasepuhan,” kata Pengurus Pesantren Tebuireng, Iskandar.



Jenazah Hj. Lily Chodijah Wahid akan dikebumikan di kompleks pemakam keluarga Pesantren Tebuireng, Jombang. Lokasi liang lahat berada di sisi tenggara, berjarak sekitar 10-15 meter dari pusara kakeknya, KH. Hasyim Asy’ari dan sang kakak KH. Abdur Rahman Wahid.



Sebelum prosesi pemakaman, nampak sejumlah guru di lingkungan Pondok Pesantren Tebuireng, tengah menggelar tahlil dan doa bersama di masjid.



“Ini tadi sejumlah guru-guru juga ikut menyambut kedatangan jenazah Almarhumah Hj. Lily Chodijah Wahid dengan bacaan tahlil, sembari menunggu proses pemakaman jenazah,” kata cicit KH Hasyim Asy’ari, Abdul Kholiq Tsani.



Hj. Lily Chodijah Wahid Sempat menjalani perawatan medis lantaran mengalami penyempitan jantung dan infeksi paru. Almarhumah wafat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Senin 09 Mei 2022 sekira pukul 16.28 WIB.



Hj. Lily Wahid merupakan anak kelima dari pasangan suami istri KH. A. Wahid Hasyim dengan Ibu Nyai Solichah A. Wahid Hasyim. Ia lahir di Jombang, pada tanggal 04 Maret 1948. Lily Wahid dan suaminya dikaruniai tiga anak. Suaminya Hj. Lily Chodijah Wahid wafat pada tahun 1987.

Reporter ; Luq

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html