Terdapat Nilai Historis Antara Blora dan Aceh


BLORA-pertapakendeng.com – Setelah kunjungan Gubernur Aceh dan Gubernur Jawa Tengah di Makam Potjut Merah Intan beberapa bulan yang lalu.


Kini, Pemprov Aceh kembali mengunjungi Blora dengan maksud untuk melakukan perencanaan pemugaran makam tersebut yang berada di Desa Temurejo, Kecamatan Blora.


Ketua Masyarakat Siron Indonesia Cabang Propinsi Aceh, Mawardi Umar mengatakan saya diajak Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Aceh berkunjung ke makam Potjut Merah Intan, dalam rangka ingin membuat makam lebih layak.


” Makam tersebut perlu dibangun, karena beliau mempunyai peran besar terhadap perjuangan bangsa.” ucapnya.


Semua ini tidak terlepas dari kerjasama Pemprov Aceh, Pemprov Jawa tengah dan Blora selain dibangun juga diusulkan untuk menjadi pahlawan nasional.


Kami menyadari, dengan sinergi proses ini akan lebih cepat. Kedepan Kabupaten Blora akan menjadi tempat wisata religi.


Dikatakannya, Alhamdulillah beliau sudah dimuliakan disini, dijaga, dirawat mulai beliau masih hidup, diasingkan dan sampai beliau dimakamkan.


Saat ini makamnya sangat bagus dan dirawat, berada di makam salah satu keluarga disini.


Saya pikir bahwasanya beliau ini sangat diterima disini, mudah mudah ini sebagai salah satu wujud hubungan antara Aceh dan Jawa Tengah sangat bagus.


Selaras dengan penerimaan dan penyambutan masyarakat, dinas dan Pemda Blora ini sangat baik


” Apalagi malan ini dijamu langsung Bupati Blora ini sambutan yang luar biasa.” ungkapnya kepada media pertapakendeng.com Senin, 23/5/2022.


Ini mencerminkan keterbukaan orang Blora untuk menerima tamu terutama dari Aceh, karena sebenarnya kita sudah ada akar historisnya.


Lebih lanjut, kata dia kedepan mungkin kita bisa menjalin kerjasama lebih luas terutama di bidang pariwisata.


Menurutnya, setelah ini akan ada banyak kunjungan, dibutuhkan untuk tempat istirahat dan mushola sehinga akan lebih layak.


Ini baru rencana, terkait anggaran perlunya sinergi bersama antara Pemprov Aceh, Pemprov Jateng dan Pemkab Blora.


Dimana sebelumnya Gubernur Jateng dan Gubernur Aceh sudah sepakat ingin membangun kompleks makam agar lebih layak.

Atas kunjungan tersebut, Bupati Blora Arif Rohman mengaku senang.

” Saya bulan depan akan menjadwalkan untuk silaturahmi ke Aceh, ini perlu dilakukan karena Gubernur Aceh dan Jajarannya sering ke Blora.” singkatnya.

(LISWANTO)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html