Meski Tertunda, SD Tajungsari 01 Tetap Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan


PATI, JAWA TENGAH -pertapakendeng.com, Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) adalah merupakan hari bersejarah bagi dunia pendidikan. Hardiknas ini biasa diperingati tiap tanggal 2 Mei 2022. Bicara pendidikan, tentu tak lepas dari nama Tokoh fenomenal dalam dunia pendidikan, Ki Hajar Dewantara.

Peringatan Hardiknas tahun ini menjadi berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, pasalnya, yang seharusnya peringatan hari tersebut jatuh pada tanggal 2 Mei tahun ini, namun kali ini dilaksanakan pada tanggal 13 Mei.

Hal ini menjadi maklum karena pada hari tersebut bertepatan dengan Hari Raya Ummat Islam, yakni Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Salah satunya adalah SD 01 Tajungsari, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati. SD ini Melaksanakan upacara Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 13 Mei 2022, meski telat, namun tetap melangsungkan Upacara dengan mengikutsertakan anak-anak TK (Taman Kanak- Kanak) Tunas Bangsa Tajungsari.

 Sekolah Dasar yang terletak di bagian barat Kabupaten Pati dengan jarak sekitar 14 KM dari pusat pemerintahan Kabupaten Pati dan 9 KM dari pusat pemerintahan Kecamatan Tlogowungu ini, selalu memberikan bimbingan dan pengenalan pakaian adat. Hal ini bertujuan agar anak-anak terbina dari kecil untuk bisa mengerti setiap pakaian adat, pendidikan dan sopan santun atau yang biasa kita kenal sebagai pendidikan karakter.

Dalam upacara yang berlangsung lebih dari satu jam tersebut, memberikan banyak motivasi dan edukasi bagi anak didik SD tersebut, yang kelak mereka bisa mengerti siapa tokoh Pendidikan Nasional kita, dari mana Pahlawan kita berasal dan mengetahui tanggal dan gugurnya Pahlawan Pendidikan kita.

Anak-anak juga diajak untuk mengheningkan cipta dengan hikmat, dan diterapkan berdisiplin upacara.

Sundari, S.H., Kepala Sekolah SD Tajungsari 01, Dia mengatakan dalam pidatonya sebagai pembina upacara. 

 "Anak-anak, jadilah jiwa yang mengerti arti perjuangan Tokoh Pendidikan kita, Bapak Ki Hajar Dewantara (Suwardi Hadiningrat), bahwa karena dalam lindungan Allah SWT, kita dapat melaksanakan upacara yang tirtib, aman dan berlangsung hikmat", kata Sundari pada awal sambutan.

  "Saya berharap anak-anakku semua rajin belajar, dan dapatkan ilmu sebanyak mungkin demi masa depan kalian, karena kalau kalian malas belajar, kalian akan susah mengerti banyak hal, berbeda kalau kalian rajin belajar, maka nilai kalian bagus, nanti kalau kalian mau melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi juga enak, terlebih lagi kalau anak-anak besuk sudah besar mau bekerja ya gampang", pesan Sundari.

Dia melanjutkan, "Jadi himbauan saya, anak-anakku semua jangan malas belajar, dan harus menghargai Tokoh Pahlawan Pendidikan kita dengan cara meraih berbagai prestasi, dan bisa berkembang kepinteran kita", pungkas Sundari disertai senyuman khasnya.

(Arikha)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html