Ahmad Robani Dapat Apresiasi Dandim Semarang Kota Atas Terbentuknya Kampung Demokrasi Pancasila


SEMARANG-pertapakendeng.com, Pancasila sebagai obat pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia, demikian dipaparkan Bunaya Ratu Hapsari dari SMAN 10 Kota Semarang, dalam pidatonya di hadapan peserta lomba Kampung Pancasila juara 1 se Kota Semarang, Senin, 23 Mei 2022.

Hal itu dikatakannya dalam acara Pengukuhan dan Pencanangan Kampung Pancasila, yang dihadiri lebih dari 500 an orang perwakilan dari Toga/ Tomas se Kecamatan Genuk, Kota Semarang.

Pengukuhan yang berlangsung di Jl. Karang Tengah 2, Kelurahan Genuksari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang tersebut, menghadirkan Kompol Subroto, S.H., M.M.,  Kapolsek Genuk Kota Semarang, PLH Camat Genuk Drs. Suroto beserta jajaran, Sutrisno, S.T.P., Ketua Forum Lurah Kecamatan Genuk beserta lurah-Lurah se-Kecamatan Genuk.

Hadir pula Sutrisno Ketua LPMK Genuksari, Sutono Salim Ketua RW 3/3 Genuksari, Ketua RT 01- 12 se RW 3, Ketua PKK, Banser, Lindu Aji, Hansip, Pelajar SD, SLTP, SLTA perwakilan Kec. Genuk dan masyarakat setempat Kampung Pancasila Genuksari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang.

Acara tersebut dimeriahkan oleh para peserta aksi tarian, Puisi, Gema lagu wajib anak-anak, Senam masal dan aksi-aksi lainnya.

Acara dibuka oleh Kolonel inf. HONI Havana Dandim 0733 Kota Semarang, yang ditandai dengan Pemukulan jidor sebayak lima kali sebagai simbul Lima sila dalam Pancasila.

Dalam sambutannya Dandim Kota Semarang ini menegaskan bahwa membumikan Pancasila adalah tugas seluruh rakyat Indonesia.
"Kita semua punya tugas yang sama dan bersama-sama untuk membumikan Pancasila di seluruh NKRI, kususnya di Kota Semarang, yang saat ini kita canangkan bersama di tingkat Kecamatan Genuk, kita berharap, dengan adanya Kampung Pancasila ini dapat diikuti oleh tingkat kelurahan dan seterusnya", Tegas Dandim.

"Ini menindaklanjuti atas seruan Bapak Kasat, maka saya sebagai Dandim di Kota Semarang, pertama kali saya berkunjung di tempat ini yang sudah duluan terbentuk kampung Demokrasi Pancacila, yang digagas oleh Pak Achmad Robani Albar, yang kemudian diresmikan oleh Bapak DR Hendi Hendrar Prihadi, S.E., M.M. Walikota Semarang, pada hari Jumat 12 April 2019", lanjut Dandim Kota Semarang.

Dandim juga menuturkan bahwa Robani, pencetus Kampung Pancasila juga menunjukan album-album kegiatan aksi nyata Kampung Demokrasi Pancasila selama tiga tahun terakhir. Dandim juga keliling kampung, di sana Dia mendapati slogan Pancasila di setiap rumah.

Tak hanya itu, setiap tempat juga terdapat papan pesan moral permanen, ada Pengajian Pancasila rutin tiap hari Selasa, ada bakti sosial dan lain sebagainya.

"Maka atas itu semua, sesuatu yang baik mari kita bersama-sama meneruskan membuat kampung tematik kampung Pancasila di tempat kita masing-masing", ajak Honi Dandim Kota Semarang.

Imam Daf'i, Ketua Forum LPMK Kecamatan Genuk Kota Semarang, dalam sambutannya Dia berjanji akan segera membentuk Kampung Pancasila di seluruh kelurahan se-Kecamatan Genuk. Dia merencanakan, sebelum 17 Agustus sudah terlaksana.

Sedangkan Walikota Semarang yang mewakilkan kepada Drs. Mukhamad Khadhik, M.Si., (Asisten Pemerintahan), dalam pidatonya Ia menyampaikan,  "Kami mohon ma'af, sedianya beliau bapak Walikota akan hadir, namun masih rapat dengan pemerintah Provinsi yang tidak bisa ditinggalkan, Bapak menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya Pencanangan Kampung Pancasila di Kecamatan Genuk, Semaga Semarang Semakin Hebat dan Pancasilais, menuju Semarang yang adil, makmur dan sejahtera bersama", sambut Walikota.

Khandhik menambahkan, "Bapak selalu memonitor kegiatan yang ada di Kampung Pancasila lewat unggahan Pak Robani di Grup Medsos, bukan hanya selogan saja tapi kegiatan- kegiatan nyata yang ada di Kapung Pancasila  dan sangat banyak sekali, setelah diresmikan Bapak Walikota, maka atas nama Pemerintah Kota Semarang, Bapak menyampaikan aspresiasi kepada pelopor Kampung Pancasila, semaga hal yang baik dapat menular kepada masyarakat luas, kususnya di Kota Semarang dan umumnya seluruh NKRI", imbuhnya.
(Sumadi)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html