Pagi Tadi Juana Macet Total, Ada Apa?



Pati, 21 April 2022 pukul 06.30 - 09.30  Jalan Pati - Rembang KM 12 tepatnya di Juana macet total setelah dilakukan pengalihan arus lalu lintas, arus lalu lintas dari arah barat dialihkan melalui lingkar Juwana (Contra flow), dari perempatan Alun- alun Juwana dialihkan ke Selatan selama kurang lebih 15 menit, dan utk mengurai kemacetan atau menormalkan kembali arus lalu lintas membutuhkan waktu hampir 1,5 jam.


Kejadian itu adalah simulasi menghadapi pembongkaran Jembatan besar Juwana yang akan dilaksanankan dalam waktu dekat. Selanjutnya dilakukan koordinasi awal yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Pati Kompol Sugino, SH. MH  di dalam Pospol Juwana, dengan diikuti oleh perwakilan semua Instansi terkait yang hadir pada giat simulasi tersebut.


Kapolres Pati AKBP Christian Tobing melalui Kasi Humas Polres Pati Iptu Sukarno, SH menjelaskan hahwa , rencana rekayasa lalu lintas terkait pembongkaran dan pembangunan jembatan besar Juwana dengan cara mengalihkan arus lalu lintas dari arah barat ke lingkar Juwana (Contra flow) sangat tidak mungkin dilakukan, " rekayasa dengan pengalihan arus lalu lintas tersebut tidak bisa dilakukan, terbukti setelah dilakukan uji coba selama 15 menit saja terjadi kemacetan total " ungkap Iptu Sukarno. 


Lanjut Iptu Sukarno, "Setelah dilakukan konfirmasi terhadap pelaksana bahwa belum dilakukan Andalalin , selanjutnya disarankan agar pihak pelaksana segera mengajukan Andalalin, sehingga bisa dikaji secara detail termasuk perhitungan tarikan dan bangkitan arus lalu lintas dapat dihitung secara rinci, yg akhirnya bisa muncul rekomendasi yg bersifat komprehensif, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kemacetan".


Ada wacana untuk secara bersama-sama mengusulkan penundaan pekerjaan, bila perlu pembuatan jembatan baru tanpa membongkar Jembatan lama terlebih dahulu, shg jembatan lama masih bisa dipakai utk lintasan arus dari barat. Dan setelah jembatan baru selesai dibuat baru dilakukan pembongkaran terhadap Jembatan lama.


PJN Wilayah 3 secara internal akan melakukan rapat koordinasi terlebih dahulu dengan jajaran Kemen PUPR terkait, PPK dan Penyedia jasa, dengan mempertimbangkan hasil simulasi hari ini.


"Akan diagendakan lagi untuk dilakukan rapat koordinasi ulang, dengan melibatkan semua Instansi terkait" tutup Iptu Sukarno. ( Mury)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html