Orang Nomor 1 Di Jateng Melihat Langsung Sukaryo Adi Putro Sinau Hurip Memanusiakan ODGJ .

 






DEMAK - Pria paruh baya itu dikenal bernama Muhammad Dardiri. Warga biasanya memanggilnya kang Mamat. Sejak lama, Mamat yang merupakan warga desa Tlogoweru Demak ini mengidap gangguan jiwa. Seringkali, ia duduk di atas jembatan saluran air di desanya.



Selama ini tidak ada orang yang berani mendekati, termasuk keluarganya. Sebab Mamat dikenal tempramen, galak dan sering membawa sejumlah senjata tajam (saham). Penampilan Mamat sangat tidak terurus, rambutnya gondrong, kumis dan janggut panjang serta seluruh badannya dipenuhi rantai.



Tampak dileher Mamat tergantung rantai yang sangat banyak. Di tangan, kaki, kuku serta telinganya penuh dengan asesoris dari rantai, uang koin dan besi.



Namun hari ini ada yang berbeda. Mamat kini jadi orang yang bersih. Rambut gondrong gimbalnya dipotong rapi, kuku panjangnya dipotong dan kalung rantai yang ada dieher serta asesoris besi di badannya berhasil dicopot. Mamat kini lebih bersih dan tampan.



Siapakah yang sosok orang yang peduli terhadap Mamat... Dialah Sukaryo Adi Putro, orang yang peduli pada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan pemilik akun youtube Sinahu Hurip yang berhasil membujuk Mamat. Tapi kali ini Adi tak sendirian. Ia ditemani orang nomor 1 di Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 



Ternyata sudah sejak lama Ganjar Pranowo telah lama mengamati sepak terjang Adi dari channel Youtube Sinau Hurip. Dia pun ingin menyaksikan sendiri, sekaligus belajar langsung bagaimana warga Kudus itu memanusiakan ODGJ. Maka hari ini Ganjar  sengaja datang untuk melihat aksi Adi di sela kunjungan kerjanya ke Jepara, Selasa, 03 Nopember 2021.



Pada hari ini saya menyaksikan sendiri bagaimana, Adi Putro dan istrinya sedang menangani dan membujuk Mamat untuk dibersihkan, nampak Adi dan istrinya sibuk membersihkan Rambut, Kuku, dan aksesoris yang dipakai Mamat dicopot satu-persatu, Mereka juga mengajak ngobrol dengan Mamat, agar Mamat mau dibersihkan.



"Wah lha sampeyan lho,... pripun kabare (gimana kabarnya). Sampeyan saiki ngganteng tenan," sapa Ganjar pada Mamat.



Kemudian Mamat pun menyapa dengan bahasa yang agak tidak masuk akal. Ia berkali-kali cerita bahwa ia dulunya adalah kuli bangunan. Bekerja membangun gedung 22 lantai. Mamat juga menceritakan bahwa dirinya penggemar dangdut, khususnya Rhoma Irama, Sony Joss, Brodin dan lainnya.


Lebih lanjut Ganjar meminta Mamat untuk mencoba menyanyikan lagu Rhoma Irama "Ayo nyanyi, jare penggemar dangdut. Lagune Rhoma coba,"

(Luqman)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html