Manfaatkan Lahan Kosong, Polsek Tunjungan Ciptakan Kebun Buah Dan Sayur.

BLORA-pertapakendeng.com,








Terobosan kreatif dilakukan oleh Polsek Tunjungan Polres Blora Polda Jawa Tengah dalam mendukung program ketahanan pangan pemerintah ditengah pandemi Covid-19.


Kapolsek Tunjungan AKP H. Soeparlan,SH mempunyai sebuah ide kreatif untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong dibelakang bangunan kantor Mapolsek Tunjungan.


Berawal dari instruksi Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK, AKP Soeparlan langsung bergerak cepat menanami lahan kosong tersebut, hingga akhirnya saat ini lahan tersebut menjadi kebun buah dan sayur. Aneka tanaman yang ada seperti buah mangga, nangka, matoa, kelengkeng, serta sayur mayur seperti lombok, kacang kacangan, dan tomat sudah tumbuh subur, dan beberapa sudah siap dipanen.


Tak hanya itu, pada lokasi tersebut juga dibangun sebuah kolam ikan dibawah gazebo yang indah. Dengan tujuan sebagai tempat singgah ataupun tempat istirahat bagi tamu ataupun pengunjung Mapolsek Tunjungan.


"Lokasi ini kita siapkan dan kita disein santai seperti ini. Jadi masyarakat umum, mungkin yang mengurus surat surat ataupun yang berkunjung kesini, bisa santai menikmati indahnya pemandangan. Dan masyarakat bisa ikut petik buah disini, gratis," beber Kapolsek Tunjungan, Senin, (08/11/2021).


Salah satu yang menarik adalah dalam pengelolaan lahan tersebut, Kapolsek menerapkan pertanian semi modern, dimana dalam perawatan menggunakan sistem Irigasi sprinkler atau spray irrigation. "Sekaligus kita sampaikan edukasi pertanian kepada warga tentang irigasi sprinkler. Dimana lebih praktis dan hemat biaya serta tenaga," lanjut Kapolsek Tunjungan.


Irigasi sprinkler atau spray irrigation adalah model pemberian air keseluruh permukaan lahan yang akan diairi didukung pipa bertekanan. Sistem ini dapat diklasifikasikan menjadi system permanen, portable atau semi portable,


Irigasi ini merupakan metode irigasi yang fleksibel.Dapat digunakan untuk menyiram tanaman juga pemupukan, pengobatan serta menjaga kelembaban tanah maupun mengontrol kondisi iklim sesuai dengan kondisi tanam.


"Kita siapkan pompa air dan pipa pipa sebagai sarana pengairan. Dibeberapa titik kita siapkan alat spray, jadi tinggal klik air langsung menyirami tanaman. Kita tidak perlu berjalan membawa ember untuk menyirami keliling lahan," tambah Kapolsek Tunjungan.


Kepada masyarakat, mantan Kasi Humas Polres Blora ini berpesan untuk selalu kreatif dan inovatif. Dengan memanfaatkan potensi yang ada. Salah satunya adalah jika ada lahan yang kosong agar dimanfaatkan dengan baik, sehingga bisa membawa manfaat bagi keluarga. "Jika panennya melimpah, tentunya bisa dijual dan bisa menjadi penambah pendapatan bagi warga. Melalui kebun inilah, secara tidak langsung kita berikan edukasi dan motivasi kepada masyarakat," pungkas Kapolsek Tunjungan.

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html