Pelatihan Penguatan Kapasitas BUMDes Di Jawa Tengah Dilakukan Serentak.







JEPARA- pertapakendeng.com, Dalam rangka Peningkatan profesionalisme BUMDes,  Dispermades provinsi Jawa Tengah mengadakan pelatihan secara serempak, jumat/Sabtu 29-30 Oktober 2021. 

Para pengelelola Badan Usaha Milik Desa dituntut untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme. Mengingat keberadaan BUMDes untuk memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa.


Bertempat di Kabupaten masing-masing, kegiatan ini diikuti oleh 29 Kabupaten se-Jawa Tengah.

Acara dibuka kepala Dispermades provinsi Jawa Tengah, Ir.Sugeng Riyanto M.Sc.

Dalam sambutannya Ir.Sugeng Riyanto M.Sc. berharap, Bumdes yang ada wilayah Jawa Tengah kedepan mampu menjawab tantangan jaman. "Kami dari Dispermades provinsi Jawa Tengah berharap, agar Bumdes yang ada wilayah Jawa Tengah kedepan mampu menjawab tantangan jaman".


Untuk Kabupaten Jepara sendiri, pelatihan Peningkatan profesionalisme BUMDes yang diadakan Dispermades provinsi Jawa Tengah ini dipusatkan di hotel Julia Bandengan, dengan diikuti 30 peserta .

Pada hari kedua kegiatan tersebut dihadiri anggota dewan DPRD Jawa Tengah komisi B, Andang Wahyu Triyono SE.MM., Komisi D, Helmi Turmudzy SE.MM, dan, Komisi E,  H.Muwahib 

Dalam keterangan mereka bertiga, siap memfasilitasi dan memediasi apabila di lapangan ada kendala.

“Keberadaan BUMDes untuk meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa, untuk itu diharapkan untuk dikelola dengan baik dan profesional", jelas mereka.

"Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, maka desa diberi kewenangan untuk mendirikan Bumdes, hal ini juga diperkuat dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi nomor 4 tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan Dan Pembubaran BUMDes", pungkasnya.

(Hery santosa)

1 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html