Forum Jateng Gayeng Gelar Seminar dan Pelatihan Aplikasi Android Dengan Tema 'Ormas Go Digital'.




SOLO- pertapakendeng.com, Forum Jateng Gayeng yang digawangi oleh Ahmad Robani Albar, Gelar Seminar dan Pelatihan Aplikasi Android Bintek Tanpa Coding, dengan tema 'Ormas Go Digital', di kantor PCNU Kota Solo, pada Sabtu, 30/10/21.

Era digital adalah masa ketika informasi mudah dan cepat diperoleh serta disebarluaskan menggunakan teknologi digital, yaitu teknologi yang menggunakan sistem komputerisasi yang terhubung internet.

Seminar dan pelatihan ini diadakan, mengingat ketergantungan dunia usaha terhadap ITE. Harapan dari seminar ini adalah agar kedepan dunia usaha menjadi melek teknologi.

Hadir dalam seminar, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah, Haerudin, S.H., M.H., Ketua Dewan Pembina Forum Jateng Gayeng, Ir. Djoko Wahyudi dan Ketua Forum Jateng Gayeng, Ahmad Robani Albar, S.H, beserta jajarannya.

Kegiatan ini diikuti oleh 27 peserta dari berbagai Ormas/LSM Solo Raya, ada perwakilan dari lembaga, BEM UNS, LSM Barak, MIM Solo, Permai, Fatayat NU, LP Maarif, IPPNU, LPNU, JPKP, FJG Klaten, FJG Solo, dan Lakpesdam.


Dalam kesempatan itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah, Haerudin, S.H., M.H. menyampaikan terimakasih dalam pidatonya, "kami dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah mengucapkan terimakasih kepada Ketua Forum Jateng Gayeng Bapak Ahmad Robani Albar, S.H. beserta panitia yang telah menyiapkan kegiatan ini, juga terimakasih kami dan salam hormat kepada Ketua Dewan Pembina Forum Jateng Gayeng, Bapak Ir. Djoko Wahyudi, atas dukungan serta supportnya,  yang ikut hadir di acara pelatihan ini, ini luar biasa, pengurus FJG lengkap hadir semua". Paparnya.

Dia menambahkan, "sekarang ini kita berada di zaman yang serba digital, kita tidak bisa lepas dari aplikasi-aplikasi, kita mau pesan apa saja bisa dari Hp kita".

"Semoga program ini bisa dijalankan se-Jawa Tengah. Kemarin sudah dilaksanakan di Wonosobo, Lasem, hari ini di Solo dan minggu depan di Pekalongan, saya ingat betul saat itu Mas Nurhamit mendiskusikan program Aplikasi ini di ruangan saya, dan sekarang terealisasi", terangnya.



Pelatihan dipimpin langsung oleh Nurhamit (Pengembang Aplikasi), sekaligus Sekjen Forum Jateng Gayeng. Dalam pelaksanaan pelatihan dibagi dalam tiga sesi yaitu;
Sesi 1; tentang potrait digital di Indonesia  
Sesi 2; tentang pemahaman fitur-fitur di dalam dashboard pituapp.id
Sesi 3; pelatihan pembuatan aplikasi android/ios.
Dalam sesi pelatihan peserta diminta aktifasi akun dashboard masing-masing, dengan cara memasukkan email dan pasword yang sudah dibagikan oleh panitia.

Dalam pelatihan ini pemateri , Nurhamit, memaksimalkan waktu 1 jam. Langkah demi langkah diikuti peserta dengan antusias. Terbukti, hanya dalam 1 jam, para peserta sudah berhasil membuat aplikasi android dan bisa diinstal di smartphone mereka masing-masing. Selanjutnya bila mau diunggah di google play store, tinggal kirim file AAB ke google play store.

Nurhamit mengajak para peserta dari Ormas/LSM agar bisa memaksimalkan akun dashboard ini.
"Saya berharap, para peserta dari Ormas/LSM supaya bisa memaksimalkan akun dashboard ini, karena peserta peserta bisa buat sendiri aplikasi android/ios yang bisa disesuaikan dengan selera atau kreatifitas dari masing-masing Ormas/LSM, tidak hanya itu, ini juga termasuk aset digital bagi lembaga atau pribadi, anda yang bisa hadir ini beruntung, karena dapat digital aset gratis dan peserta bisa buat aplikasi sendiri tanpa batas", terang Nurhamit.

(Hamid)

Editor/ Publisher: Sumadi.

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html