Sambut Tahun Baru 1 Muharram 1445 H, Pemdes Jepang Kudus Hadirkan Cak Kirun Cs

KUDUS - Pertapakendeng.com., Dalam rangka menyambut tahun baru Islam, 1 Muharram 1445 Hijriyyah, yang bertepatan pada tanggal 18 Juli 2023. Pemerintah Desa Jepang bersama Pimpinan Ranting (PR) Nahdlotul Ulama (NU) Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, mengadakan peringatan Tahun baru Hijriyyah 1445.



Gelaran peringatan 1 Muharram 1445 Hijriyyah diselenggarakan di Pasar Desa Tokiyo Mejobo, Utara SMP 1 Mejobo Kudus. Selasa, 18 Juli 2023 malam.


Kepala Desa (Kades) Jepang dalam sambutan mengatakan, masyarakat mengenal bulan Muharram sebagai bulan yang mengawali tahun baru islam. Bagi warga Desa Jepang bulan Muharram atau Syuro memilik makna tersendiri. Pada bulan tersebut terdapat ritual keagamaan yang sangat dinantikan masyarakat Desa Jepang pada khususnya dan warga Kudus pada umumnya.


"Kegiatan ini amat sangat dinanti dan ditunggu masyarakat Desa Jepang dan sekitarnya, karena selama hampir tiga tahun pandemi Covid tidak ada kegiatan seperti ini", kata Kades.


Lebih lanjut Indarto menambahkan, bahwa salah satu alasan yang melandasi kegiatan pengajian mengambil pembicara KH. Muhammad Syakirun atau yang lebih dikenal dengan Cak Kirun yang terkenal dengan pelawak yang kocak dan menghibur tersebut telah dikomunikasikan dengan berbagai pihak terutama para tokoh agama, tokoh masyarakat dan lembaga Desa Jepang.


"Kami dalam melakukan kegiatan peringatan Tahun Baru 1 Muharram 1445 Hijriyyah bersama dengan PR NU Ranting Desa Jepang", imbuhnya.


Kades Indarto menegaskan, bahwa peringatan malam tahun baru Hijriyyah 1445, Kami dari Pemerintah Desa mengawali kegiatan peringatan tersebut. Hal ini dilandasi bentuk rasa syukur kita atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, berupa umur panjang, usaha yang lancar.


"Peringatan tahun Hijriyyah mengahadirkan Cak Kirun dan Cak Slentem (Kirun Cs) sebenarnya sudah terencana pada tahun 2020, karena Pandemi Covid kami tunda, dan baru sekarang di tahun 2023 bisa terselenggara", ujarnya.


Kedepan kegiatan peringatan tahun Baru 1 Muharram 1445 Hijriyyah akan menjadi progam tahunqn Pemdes Jepang. Dalam acar pada malam hari juga dimeriahkan oleh Gambus El-Miezbah Arabic Musik dari Semarang.


"Dukungan dan peran serta warga masyarakat Desa Jepang sangat kami harapkan, kedepan kita selenggarakan peringatan 1 Muharram dengan kegiatan yang lebih meriah lagi", tutup Kades Indarto.


Sementara itu, Cak Kirun Cs dalam penyampaian acara peringatan Tahun Baru Hijriyyah 1 Muharram 1445 disampaikan dengan ciri khasnya serius tapi santai (Sersan). Penyampaian da'wah agama yang dikemas dalam balutan seni dan budaya.

Ketika Cak Slentem naik panggung suasana nambah gayeng dan lebih meriah lagi, karena diselingi dengan lagu sholawat, lagu dangdut, dan lagu Jawa yang dikemas dalam balutan musik dari El-Miezbah Arabic Musik dari Semarang yang apik dan menarik menambah meriah acara tersebut.

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html