"Mangrove Better Life" Pantai Idola Banyutowo Jadi Pusat Penanaman Mangrove Di Wilayah Pati

PATI- Semilir angin sore yang berhembus di Pantai Idola Banyutowo, seolah mampu menyeka peluh keringat semua personel TNI-Polri juga relawan masyarakat yang ikut dalam kegiatan Puncak Penanaman Mangrove di seluruh Indonesia, Minggu, 15 mei 2023.


Penanaman 2000 bibit mangrove di atas lahan seluas 2000 persegi ini, dipandu langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo melalui layar monitor besar yang ada di Pantai Idola.

Giat ini melibatkan gabungan TNI-Polri dan komponen masyarakat desa Banyutowo kecamatan Dukuhseti.

Selain itu, giat tersebut dihadiri oleh Dandim 0718 Pati Letkol INF Catur Irawan, S.I.P., Kapolresta Pati Kombes Polisi Andhika Bayu Pratama, S.I.K, M.H., Forkopimcam serta masyarakat.

Mangrove atau biasa disebut pohon, bukan merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daerah pesisir Pantai yang memiliki arti pohon semak atau pohon yang tumbuh di pesisir pantai.

Karena hutan mangrove memiliki fungsi menyerap limbah yang berasal dari sampah manusia maupun sampah kapal yang berlayar di laut, yang mempunyai manfaat menyerap jenis logam yang membuat air laut menjadi bersih.

Kegiatan yang bertajuk "Mangrove Better Life" oleh Dandim diharapkan tanaman ini dapat tumbuh dengan guna mencegah abrasi. Sedangkan dalam perawatannya akan bekerjasama dengan masyarakat sekitarnya.

"Hari ini sebanyak 2000 bibit mangrove ditanam di pantai desa Banyutowo kecamatan Dukuhseti, bersamaan dengan penanaman serentak oleh Presiden Republik Indonesia serta jajaran TNI di seluruh Indonesia," ujar Dandim.

Catur Irawan juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang akan dilakukan secara berkelanjutan.

"Ke depan rencana kami akan menanam pohon mangrove di pantai lain yang ada di kabupaten Pati," tandas Dandim.

Dalam kesempatan itu pula dilaksanakan vidio conferens bersama Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo juga Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. yang dilakukan dan diikuti seluruh personel kegiatan yang disiarkan secara live di tenda besar dekat Pantai Idola.

(Wina)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html